Inilah Beberapa Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Genset

Generator set atau yang biasa kita singkat dengan nama genset, merupakan sebuah alat penyedia listrik yang tentu saja sangat penting bagi kebutuhan, terlebih bagi para pengusaha kelas menengah ke atas. Tak hanya itu, fungsi lain dari genset ini juga dapat menyimpan energy listrik yang dapat kita gunakan saat ada pemadaman listrik dari PLN. Pada umumnya, genset ini sangat diminati oleh kalangan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), minimarket, hingga untuk keperluan di rumah pribadi. Banyaknya tipe dan merk genset yang ada di pasaran, terkadang membuat kita bingung dalam menentukan pilihannya. Maka dari itu, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat membeli genset. Hal-hal apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Memilih Genset Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Daya Listriknya

Hal penting pertama yang harus anda perhatikan saat membeli genset, yakni memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan daya listriknya. Dengan kata lain, anda tidak boleh memilih genset yang daya listriknya lebih rendah dari jumlah daya listrik yang anda gunakan. Daya listrik yang idealnya itu harus lebih besar 30 % dari total daya listrik kebutuhan anda. Mengapa harus demikian? Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk menghindari dari kesalahan perhitungan pemakaian daya listrik anda yang dapat membuat genset tidak berfungsi secara maksimal.

2. Menghitung Kebutuhan Daya Listrik

Selain harus mengetahui kebutuhan daya listriknya, anda juga harus menghitung kebutuhan daya listriknya. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kita harus mempersiapkan apabila kedepannya terjadi sesuatu hal-hal darurat yang berhubungan dengan kebutuhan mesin. Mungkin kita kerap mengadakan acara-acara seperti pesta, sehingga penggunaan barang-barang elektronik pun semakin sering. Nah, untuk menjaga kelancaran kebutuhan daya listriknya, disarankan bagi anda untuk menaikkan daya genset sekitar 20 – 30 %. Lantas, bagaimana cara menghitung daya listriknya?

Poin pertama yang harus anda catat, yakni mengenai satuan KVA (Kilo Volt Ampere). Pasalnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa 1 KVA itu setara dengan 1000 watt. Padahal, 1 KVA ini sebenarnya berjumlah 800 watt atau setara dengan 0,8 KW. Adapun mengenai contoh dari cara perhitungannya -> 5.000 watt, dimana jumlah watt tersebut tinggal dibagi 800 watt, 5.000/800 yang hasilnya adalah 6.25 KVA.

3. Memilih Bahan Bakar Yang Sesuai

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan saat membeli genset, yakni memilih bahan bakar yang sesuai. Pada intinya, pilihlah jenis bahan bakar yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda-beda seprti genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas. Dari ketiga jenis bahan bakar tersebut, sebaiknya anda memilih genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Mengapa demikian? Soalnya, bahan bakar bensin ini jauh lebih murah ketimbang jenis bahan bakar lainnya, serta tidak sulit untuk kita jumpai.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda pehatikan saat hendak membeli genset di pasaran. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas tadi, tentu saja anda akan mendapatkan genset yang sesuai kebutuhan. Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan harga genset murah, silahkan kunjungi Blibli.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *