Semakin Mengenal Kayu Untuk Pilihan Furniture Rumahmu!

Jika saat ini Anda sedang dalam proses membuat furnitur rumah, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Kayu apa yang terbaik untuk furniture rumah?” Ini bukan sekadar pertanyaan. Jawabannya tergantung pada budget yang kalian miliki dan keawetan furniture yang Anda inginkan. Kayu dengan harga yang lebih murah masih bisa menjadi furniture yang indah tetapi cenderung lebih lunak. Akibatnya, furniture rumah kalian akan lebih mudah rusak. Kayu yang cenderung lebih keras harganya lebih mahal. Masing-masing memiliki penampilan yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan melihat kayu paling populer dalam pembuatan furnitur. termasuk kayu dari pohon ek, ceri, maple, pinus, cedar dan mahoni.

  • Furniture dari kayu Mahoni

Salah satu kayu yang lebih tradisional dalam pembuatan furnitur, mahoni adalah kayu yang indah. Bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan beberapa jenis kayu lain yang kami bahas disini, tetapi kayu mahoni memiliki kekuatan seperti kayu ek. Mahoni ini merupakan kayu berwarna coklat kemerahan, namun juga ada warna kayu yang lebih terang. Mahoni ini merupakan kayu yang aslinya berasal dari Amerika Latin dan sekarang ini kayu mahoni sedikit sulit ditemukan. Harga dari kayu ini juga bisa dibilang sangat mahal.

  • Furnitur dari kayu Ek (oak)

Oak adalah kayu yang sangat tahan lama yang biasanya digunakan untuk lantai dan perabot dapur. Kayu ini merupakan kayu yang indah tetapi kayu ini lama kelamaan bisa menguning dari waktu ke waktu. Sebaliknya, red oak merupakan jenis kayu yang sedikit lebih gelap dan juga lebih mudah keropos. Kayu ini juga jika dibuat sebagai furniture akan terlihat cantik dan biasanya furniture yang terbuat dari kayu ek memiliki harga yang cukup murah. Ek adalah kayu yang bagus untuk perabotan.

  • Furniture dari kayu Maple

Maple mungkin kayu furniture yang terkenal sangat ideal. Meskipun ada banyak jenis maple, hampir semuanya sangat tahan lama dan cocok untuk membuat furnitur yang cantik. Kayu dari pohon Maple secara alami tidak beracun sehingga sering digunakan untuk membuat talenan dapur. Ada beberapa pola butir yang membuat kayu ini terlihat sangat cantic

  • Furnitur dari kayu ceri

Cherry ini merupakan kayu yang warnanya akan berubah menjadi emakin gelap seiring waktu, memberinya tampilan yang terlihat sangat elegan karena warnanya terus menjadi gelap. Warnanya yang semakin lama semakin gelap ini sangat disukai oleh banyak orang, tetapi ada hal-hal lain yang benar-benar disukai. Ceri yang relatif keras bisa tahan terhadap goresan dan penyok.

  • Furniture dari kayu pinus

Kami terbiasa melihat kayu-kayu pohon pinus di kabin pedesaan dan sejenisnya. Jadi secara alami kita menganggap pinus adalah bahan yang baik untuk digunakan sebagai furnitur. Justru sebaliknya. Pine atau pinus adalah kayu lunak yang mudah rusak. Namun kayu ini memiliki harga yang cukup murah.

  • Furniture Cedar

Cedar adalah kayu yang relatif lunak sehingga tidak ideal untuk digunakan sebagai perabotan rumah tangga. Namun, untuk furnitur luar ruangan, kayu ini cukup bagus. Cedar secara alami tahan terhadap cuaca. Orang biasanya melihat lemari yang terbuat dari cedar sebagai lemari dengan kualitas aromatiknya yang dapat mengusir serangga.

Bagaimana kalian sudah tahukan jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture-furnitur rumah seperti meja makan, meja belajar, kursi dan perabotan lainnya. kalian tinggal memilih furniture dan bahan yang kalian inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *